8 Bait Tentang Hati



Bertapa atau Semedi, Makna Filosofis Tapa Mendhem dan Tapa Ngeli ...


Dengan merenungkan semua makhluk hidup.
Lebih berharga daripada permata pengabul harapan.
Untuk mencapai tujuan tertinggi,
Aku akan selalu menyayangi mereka.

Apabila aku bergaul dengan seseorang,
Aku akan menganggap diri sendiri sebagai yang terendah di antara semua orang,
Dan dari lubuk hati terdalam.
Menganggap bahwa orang lain lebih unggul.

Dalam setiap tindakanku, aku akan mengawasi batinku,
Dan saat berbagai emosi yang merusak muncul,
Aku akan menghadapi mereka dengan kuat dan mencegah mereka,
Karena mereka akan menyakitiku dan orang lain.

Apabila aku menemukan sesama yang berwatak buruk,
Atau terhimpit kesalahan berat dan dihinggapi kemalangan,
Semoga aku menerima orang langka ini sebagai orang yang aku sayangi.
Serta menganggapnya sebagai permata berharga

Apabila orang lain, karena merasa iri hati, memperlakukan aku dengan buruk dan kasar,
Aku akan menerima derita kekalahan ini,
Dan memberi kemenangan bagi mereka.

Apabila seseorang yang telah menerima dukunganku,
Atau yang telah aku harapkan,
Melakukan perbuatan yang sangat menyakitkan padaku,
Aku akan menjadikannya sebagai guru sejati.

Pendeknya, semoga aku, secara langsung dan tidak langsung,
Aku akan memberikan dukungan dan kebahagiaan bagi sesama,
Juga secara diam-diam mengambil.
Semua luka dan penderitaan mereka.



"Aku akan belajar untuk menjaga semua praktik ini.
Tidak ternoda oleh pikiran delapan keprihatinan duniawi.
Semoga aku mampu mengenali semua hal sebagai ilusi,
Dan, tanpa melekat, mendapatkan kebebasan dari ikatan.






0 Comments: