Kejujuran

Cheese HD Wallpaper | Background Image | 2560x1600 | ID:338605 - Wallpaper  Abyss

AGENT SLOTS -  Seorang tukang roti di sebuah desa kecil membeli satu kilogram mentega dari seorang petani.

Sebaliknya petani selalu membeli persediaan roti kepada seorang roti. Saling melanggani.

Satu hari, tukang roti menimbang apa betul mentega yang dibelinya persis satu kilo.

Ternyata, TIDAK.

Dengan rasa marah, dia mengadukannya ke hakim desa.

Si petani pun dipanggil oleh hakim, dan hakim bertanya apa dia menggunakan ukuran tertentu menjajakan mentega.

Sang petani menjawab : “Maaf yang mulia, saya primitif, saya tidak memiliki alat. Tapi saya selalu memakai skala untuk menimbang berat.”

Lalu hakim bertanya kembali: “Bagaimana Anda yakin mentega yang Anda jual memang betul satu kilo?”

Petani tersebut menjelaskan: “Saya membeli sekilo roti darinya setiap hari. Dengan sebatang kayu, saya meletakkan roti di satu sisi, lalu menambahkan mentega di sisi lain sampai seimbang.
Mendengar penjelasan sang petani, akhirnya sang penjual roti tersebut, akhirnya yang bersalah.


Nilai  : 

"Jika Anda tidak jujur kepada orang lain, maka satu ketika Anda akan diperlakukan serupa."


Baca Juga : Hidup Harmonis 





0 Comments: